Pemerintah Kota Mataram Launching 3 Program Strategis

Posting : 10 April 2012

Setelah meluncurkan program layanan kesehatan gratis untuk warga Mataram pada Januari 2012 lalu, Walikota Mataram H. Ahyar Abduh melaunching tiga program strategis lainnya di Lingkungan Karang Kelok, Kelurahan Monjok Barat Kecamatan Mataram, Sabtu 3 Maret 2012. Tiga program tersebut meliputi, pemberian beras bagi lanjut usia (lansia), santunan kematian dan Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS). Lauching ini ditandai dengan penyerahan secara simbolis, pemberian beras untuk lansia, santunan kematian dan siswa penerima PMT-AS oleh Walikota Mataram didampingi Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM).
Launching tiga program strategis ini kata Walikota, merupakan bentuk komitmen Pemkot Mataram, dimana dana-dana yang bersumber dari masyarakat  akan dikembalikan sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat. “Tiga program ini merupakan bagian dari kepentingan serta dapat langsung dirasakan masyarakat,” katanya.
Pemberian beras lansia menurutnya antara lain bertujuan, untuk pemenuhan kebutuhan dasar sebagai upaya untuk meningkatkan taraf hidup warga miskin. Selain itu membantu memperbaiki dan membina tata kehidupan dan penghidupan lansia agar dapat menikmati ketenangan dan ketentraman hidup lahir dan batin serta menunjang program pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Sedangkan santunan kematian selain sebagai bentuk belasungkawa jajaran Pemerintah Kota Mataram, juga dimaksudkan untuk melihat tingkat derajat kesehatan masyarakat, mengingat semua pelayanan kesehatan di Kota Mataram sudah gratis. Dengan demikian Pemerintah dapat secara mudah untuk mendeteksi jumlah kematian dan kelahiran di Kota Mataram, serta mencari kekurangan terhadap program-program yang ada. “PMT-AS juga merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan dan kecerdasan otak siswa,” ujarnya.
Sebelumnya Kepala BPM Kota Mataram, H. Syaiful Mukmin mengatakan, total penerima bantuan beras lansia tahun 2012 sebanyak 2.000 lansia dengan ketentuan masing-masing mendapatkan 5 kilogram perbulan. “Sehingga dalam setahun ada 12 ton beras bagi lansia, dengan total anggaran Rp 1,2 miliar bersumber dari APBD 2012 Kota Mataram,” paparnya.
Santuan kematian, pada tahun 2012 Pemerintah Kota Mataram telah mengalokasikan anggaran Rp 500 juta untuk program santunan kematian bagi seluruh warga di Kota Mataram, dengan besar santunan Rp 500 ribu perkematian. “Sejak Januari 2012 hingga saat ini sudah tercatat sebanyak 145 warga Kota Mataram yang meninggal,” ungkapnya. Dana santunan kematian sebesar Rp500 ribu persekali peristiwa kematian  sesuai dengan disahkannya Peraturan Walikota (Perwal) No. 7/2012 tentang Santunan Kematian, sedangkan bantuan beras lansia sesuai dengan Perwal No. 8/2012 tentang bantuan Beras Lansia. (nir/dina foto humas)